Kecantikan

5 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Jerawat sering kali menjadi faktor yang menurunkan rasa percaya diri kita. Terlebih jika jerawat itu membandel dan terletak di area wajah yang kerap menjadi pusat perhatian orang. Tentu ingin rasanya segera menghilangkan jerawat pengganggu penampilan tersebut. Sebagian orang yang tidak sabaran bahkan kerap memencet-mencet jerawatnya, dengan harapan jerawat tersebut bisa kempes seketika. Padahal dengan melakukan hal ini, jerawat bukannya segera sembuh, malah rawan terjadi peradangan akibat terkontaminasi kuman dari tangan yang tidak steril.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan aman? Berikut adalah 5 cara menghilangkan jerawat dengan cepat:

Es Batu

Penggunaan es batu dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Es batu dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada area wajah yang berjerawat, membekukan pori-pori kulit yang terbuka, menghilangkan kuman dan kotoran, serta menghilangkan tumpukan minyak pada wajah.

Langkah penggunaan:

  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih

  • Ambil es batu sesuai dengan jumlah yang diperlukan

  • Bungkus es batu dengan kain yang bersih

  • Letakkan bungkusan es batu pada area wajah yang berjerawat, diamkan selama beberapa detik

  • Lepaskan es batu dari area berjerawat, tunggu hingga beberapa menit, lalu ulangi kembali proses tersebut hingga 10 hingga 20 kali

  • Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin hingga jerawat mengecil.

Selain mengurangi peradangan, perawatan jerawat dengan menggunakan es batu juga dapat membantu menenangkan kulit wajah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, pastikan bahwa es batu yang digunakan terbuat dari air yang bersih.

Pasta Gigi

Selain dengan es batu, pasta gigi juga bisa digunakan sebagai senjata pembasmi jerawat secara cepat. Setelah melakukan perawatan dengan es batu, Anda dapat mengaplikasikan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat pada saat sebelum tidur.

Langkah penggunaan:

  • Bersihkan permukaan wajah

  • Oleskan pasta gigi pada area berjerawat secukupnya

  • Setelah bangun pagi, bilas wajah menggunakan air hangat.

Perawatan jerawat dengan pasta gigi terbukti efektif pada jerawat yang membengkak. Sebelum melakukan perawatan ini, pastikan kulit wajah Anda bukan jenis yang mudah iritasi. Pastikan pula pasta gigi yang digunakan adalah yang berwarna putih.

Baking Soda

Baking soda, yang pada umumnya digunakan dalam proses pembuatan kue, ternyata terbukti dapat membantu menghilangkan jerawat. Baking soda mengandung antiseptik ringan yang dapat membantu proses pengecilan jerawat dan mengurangi minyak berlebih yang terkandung di wajah. Minyak ini merupakan salah satu faktor yang memicu munculnya komedo. Bahan baking soda juga dapat membantu mencegah timbulnya bintik-bintik noda jerawat dan mengikis bekas jerawat pada wajah.

Langkah penggunaan:

  • Bersihkan permukaan wajah yang berjerawat

  • Campurkan ½ sendok teh baking soda dan garam laut

  • Tuangkan sedikit air ke dalam campuran tersebut, aduk-aduk hingga berubah bentuk menjadi pasta

  • Oleskan pasta baking soda pada bagian wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit

  • Bilas wajah dengan air dingin.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan gunakan baking soda dalam takaran yang berlebihan, karena hal ini akan menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit wajah. Selain itu, sebelum melakukan perawatan ini, pastikan juga kulit Anda bukan tipe yang sensitif.

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu penyedap, ternyata bawang putih juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan sulfur, antibakteri, dan antiviral dalam bawang putih terbukti ampuh untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Langkah penggunaan:

  • Siapkan 1 siung bawang putih, potong menjadi dua
  • Gosokkan potongan bawang putih pada jerawat di wajah
  • Diamkan wajah selama 5 – 10 menit, setelah itu basuh menggunakan air bersih.

Lakukan metode perawatan di atas secara rutin hingga jerawat mengecil. Selain perawatan wajah, konsumsi bawang putih secara teratur juga dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat.

Lidah Buaya

Pada umumnya, lidah buaya memang digunakan untuk perawatan rambut. Namun ternyata tumbuhan satu ini dapat pula digunakan untuk menghilangkan jerawat, terutama jerawat yang meradang.

Langkah penggunaan:

  • Ambil lidah buaya secukupnya, iris hingga tersisa dagingnya
  • Oleskan pada bagian kulit yang berjerawat, lalu diamkan selama 30 – 40 menit
  • Lakukan perawatan secara rutin, maka jerawat akan mengering dan mengelupas sendiri dalam waktu kurang lebih tiga hari.

Lidah buaya berfungsi pula untuk mengurangi radang kemerahan pada jerawat. Tumbuhan ini juga ampuh mengurangi kadar minyak berlebih di wajah.

Setiap orang tentunya ingin tampil menarik dengan wajah bersih bebas jerawat. Beberapa tips di atas dapat dicoba untuk perawatan sehari-hari di rumah. Selain mempraktikkan tips di atas, jangan lupa untuk mengatur pola hidup sehat. Selamat mencoba!

Print Friendly, PDF & Email
Tags
Show More

depoknet

Kereta Keadilan itu tidak akan diam di sudut peron ketamakan dan keangkuhan, ia akan terus bergerak menjemput para pencarinya di tiap stasiun kesabaran dan keteguhan. Pembaharuan selalu hadir dengan pemberitaan, sabar merangkai berita, teguh mengungkap fakta. Semuanya ada disini, depoknet.com. “Update Berita Dengan Fakta”

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close