depoknet.com – 10 November, ada yang berbeda di gazebo ruang kunjungan Rutan Kelas IIB Depok. Hari yang diperingati sebagai Hari Pahlawan, dimana dalam Sejarah Kemerdekaan, 74 tahun yang lalu terjadi pertempuran hebat di Kota Surabaya demi mempertahankan Proklamasi yang sudah dibacakan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tentang berdirinya negara baru, yaitu Indonesia.

Dalam rangka mengenang hari bersejarah itu Kemenkumham RI melalui Ditjen Pemasyarakatan menginstuksikan agar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) seluruh Indonesia menggelar kegiatan dalam menyambut Hari Pahlawan dengan melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pihak keluarga.

Acara yang diberi nama “The Gathering of Heroes” dengan mengambil tema “Semangat Pahlawan Didadaku” diisi dengan kegiatan aneka lomba: Lomba Pembacaan Puisi bertemakan perjuangan dan Lomba Menggunakan Busana Perjuangan. Acara puncak yang dipusatkan di Lapas Pemuda Tangerang, Banten dipimpin langsung oleh Ibu Sri Puguh Utami Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang disiarkan secara langsung via aplikasi zoom.

Momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 yang dilaksanakan di Rutan Depok “merupakan salah satu upaya pembinaan bagi WBP sebagai mana tercantum dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 1995 yang dalam hal ini diantaranya untuk menggelorakan semangat perjuangan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara serta memberikan motivasi kepada WBP untuk memperbaiki sikap dan prilaku dalam rangka menata kehidupan yang lebih baik dan menumbuhkan Nasionalisme kata Karutan Bawono Ika Sutoma dalam sambutannya.

Acara yang dimeriahkan Etnik Band Rudep menjadi semakin bergelora dengan lagu-lagu perjuangan yang dibawakannya. Keluarga dari warga binaan pun turut larut mengikuti kemeriahan acara Lomba Puisi Perjuangan dan Busana Perjuangan.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah oleh Karutan dan Kasubsi Pelayanan Tahanan kepada pemenang aneka lomba menyambut Hari Pahlawan 2018.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY