Seputar Depok
Trending

Usung Pradi Sebagai Calon Walikota, Gerindra Siap Deklarasi Agustus Nanti

“H. Pradi Supriatna Walikota, dan wakilnya sedang penyaringan dengan kandidat 4 orang dari kalangan Ulama, Politisi dan Artis. Nanti kami akan Deklarasi bulan Agustus,” tegas H. Hamzah melalui akun facebooknya Haji Hamzah Citos.

DEPOKNET – Perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) walikota dan wakil walikota Depok baru akan dilakukan 2020 mendatang, namun sejumlah partai politik (parpol) mulai fokus mempersiapkan jago mereka untuk bertarung di ajang pesta politik lokal 5 tahunan tersebut.

Salah satu parpol yang mulai mematangkan calonnya itu adalah partai Gerindra yang dipastikan bakal mengusung wakil walikota Depok, Pradi Supriatna sebagai bakal calon Walikota Depok 2021-2026.

Pernyataan tersebut disampaikan secara tegas dan terbuka oleh Sekretaris DPC Gerindra kota Depok, H. Hamzah, Sabtu (8/6/2019).

Selain memastikan Pradi Supriatna sebagai bakal calon walikota Depok, Hamzah juga menerangkan pihaknya sedang melakukan penyaringan terhadap 4 bakal calon wakil walikota yang akan mendampingi Pradi Supriatna nantinya.

“H. Pradi Supriatna Walikota, dan wakilnya sedang penyaringan dengan kandidat 4 orang dari kalangan Ulama, Politisi dan Artis. Nanti kami akan Deklarasi bulan Agustus,” tegas H. Hamzah melalui akun facebooknya Haji Hamzah Citos.

Seperti diketahui, partai Gerindra dipastikan bakal bisa mengusung secara langsung pasangan calon walikota dan wakil walikota 2021-2026 dalam gelaran Pemilukada 2020 tahun depan.

Hal tersebut didasari pada hasil pemilihan legislatif 2019 dimana Gerindra dipastikan meloloskan 10 kadernya menjadi anggota DPRD kota Depok 2019-2024. Hal tersebut sesuai pasal 40 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Dalam pasal 40 ayat (1) disebutkan, partai politik atau gabungan Partai Politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di daerah yang bersangkutan.

Selain Gerindra, ada 2 parpol lainnya di kota Depok hasil Pileg 2019 yang juga dapat mengusung langsung pasangan calonnya di Pemilukada kota Depok 2020, yakni PKS dengan raihan 13 kursi DPRD dan PDI Perjuangan dengan raihan 10 kursi.

Dalam Pemilukada kota Depok 2015, Gerindra dengan raihan 9 kursi menggandeng PKS dengan raihan 6 kursi DPRD kota Depok mengusung pasangan Mohammad Idris-Pradi Supriatna dan berhasil meraih hasil maksimal menjadi walikota dan wakil walikota Depok 2016-2021. (CPB/DepokNet)

Print Friendly, PDF & Email
Show More

depoknet

Kereta Keadilan itu tidak akan diam di sudut peron ketamakan dan keangkuhan, ia akan terus bergerak menjemput para pencarinya di tiap stasiun kesabaran dan keteguhan. Pembaharuan selalu hadir dengan pemberitaan, sabar merangkai berita, teguh mengungkap fakta. Semuanya ada disini, depoknet.com. “Update Berita Dengan Fakta”

Related Articles

Back to top button
Close