Kuliner

Resep Cara Membuat Kue Cincin

resep-kue-cincin-khas-tanah-pasundan-bandung-768x634

Resep Cara Membuat Kue Cincin

Bahan untuk membuat kue cincin murah dan dapat ditemukan di sekitar Anda. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut

Bahan-Bahan Membuat Kue Cincin

  1. Daging kelapa 1 buah yang sudah diparut sampai halus.
  2. 100 gram tepung beras
  3. 350 gram tepung ketan
  4. 150 gram gula merah yang sudah disisir halus.
  5. 65 gram gula pasir.
  6. Setengah sendok teh garam dapur.
  7. 1 kg minyak goreng.
  8. 400 mililiter air bersih.

Cara membuat kue cincin yang mudah dan enak

  1. Pertama, campurkan dan larutkan gula merah dan gula pasir bersama dengan air dan disisihkan sjenak.
  2. Kedua, masukan bahan-bahan yang lain seperti kelapa parut, tepung ketan, tepung beras, dan garam dalam satu wadah dan diaduk sampai rata.
  3. Ketiga, tuangkan larutan gula yang sudah Anda buat sebelumnya ke campuran tepung secara perlahan sambil diaduk sampai rata.
  4. Lalu uleni dengan tangan hingga terasa kalis. Anda bisa membaluri tangan Anda dengan tepung agar tidak lengket.
  5. Selanjutnya, Anda ambil adonan kue secukupnya dan bentuk adonan menjadi bulat namun agak pipih dan lubangi bagain tengahnya.
  6. Ulangi langkah kelima sampai adonan kue cincin habis
  7. Terakhir, goreng adonan dalam wajan yang sudah berisi minyak panas, goreng hingga matang sambil dibolak-balik. Angkat dan tiriskan.

Kue cincin adalah teman yang pas untuk menikmati udara Kota Bandung yang dingin. Anda bisa menikmati kue cincin dengan secangkir teh panas di sore hari. Kue cincin rasanya manis karena menggunakan gula merah sebagai bahan utama. Tekstur kue cincin lembut sehingga cocok untuk cemilan yang bisa Anda nikmati kapapun. Kue cincin juga cocok sebagai cemilan yang bisa Anda sajikan untuk tamu Anda yang sedang bersilahturahmi ke rumah Anda. Anda bisa membeli kue cincin jika ada penjual kue cincin di daerah Anda. Namun Anda bisa meluangkan waktu Anda saat weekend untuk mencoba resep kue cincin.

Kue cincin memang berasal dari Jawa Barat, namun warga Betawi juga mengkonsumsi kue cincin untuk minum teh. Minum teh ala Betawi ini disebut dengan ‘Ngehe’ atau ‘Nyahi’. Orang Betawi akan minum teh ditemani dengan gula kelapa sebagai pemanis. Gula kelapa tersebutakan digigit terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan minum teh hangat. Namun sekarang mereka menggunakan kue cincin sebagai pemanis. Demikian resep, cara dan informasi lengkap mengenai cerita di balik kue cincin khas tanah Pasundan ini.

Print Friendly, PDF & Email
Tags
Show More

depoknet

Kereta Keadilan itu tidak akan diam di sudut peron ketamakan dan keangkuhan, ia akan terus bergerak menjemput para pencarinya di tiap stasiun kesabaran dan keteguhan. Pembaharuan selalu hadir dengan pemberitaan, sabar merangkai berita, teguh mengungkap fakta. Semuanya ada disini, depoknet.com. “Update Berita Dengan Fakta”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close