Uncategorized

PUPR Depok Tanggap Darurat Longsor di Pondok Jaya

DEPOKNET – Hujan deras yang mengguyur Kota Depok kemarin, mengakibatkan sedikitnya dua rumah warga di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung rusak tertimbun longsor, Selasa (5/09/2017)

Musibah longsor ini terjadi sekitar pukul 16:00 sore saat hujan deras. Dijelaskan Ketua RT 03 RW 05, Yayan Kurniawan, dirinya mendengar suara seperti bangunan yang roboh. Saat di cek, ternyata benar kalau ada rumah warga yang tertimbun longsor.

Ia menjelaskan, pada saat terjadi longsor pemilik rumah berada dirumah kerabatnya. Hal tersebut dilakukan mereka karena sebelumnya pada bulan Februari lalu pernah terjadi longsor yang serupa.

“Bila hujan deras pemilik rumah pasti langsung mengungsi karena takut akan longsor, dan ternyata memang benar adanya rumah mereka kembali kena longsor dan ini yang terparah,” jelasnya.

Untungnya, musibah longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kondisi dua bangunan rumah warga mengalami kerusakan cukup berat. Evakuasi barang yang ada didalam rumah pun belum dilakukan karena akses jalan cukup sulit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Drs. Manto, M.Si yang telah menerima informasi adanya longsor sejak malam kejadian, esoknya langsung meninjau lokasi, Rabu (6/09/2017) pagi.

“ini murni faktor alam karena pergeseran tanah yang menyebabkan longsor. Turap yang sudah dibuat sebelumnya masih utuh, hanya bergeser sedikit,” sebut Manto.

Mendampingi Walikota Depok, Mohammad Idris di lokasi kejadian, Manto memastikan telah memerintahkan Satuan Tugas (Satgas) Dinas PUPR untuk segera melakukan penurapan saluran dengan menggunakan bronjong karena sifatnya yang fleksibel dan dapat mengantisipasi adanya longsor susulan.

“Untuk atasnya tetap akan dikembalikan fungsinya yaitu sebagai jalan utama, karena jalan tersebut merupakan jalan umum yang biasa digunakan warga untuk menuju makam,” ujar Pejabat berzodiak Taurus kelahiran 4 Mei 1967 ini.

Mengingat di lokasi sering berulang terjadi longsor saat intensitas hujan yang tinggi, Dinas PUPR nantinya akan membuat saluran crossing agar air tidak lagi mengalir menuju halaman rumah yang terkena imbas longsor tapi dialihkan ke Sungai Ciliwung.

Anggaran untuk perbaikan tersebut diambil dari dua bidang, yakni bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan serta bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR kota Depok dan diperkirakan rampung dua pekan kedepan. (Ant/DepokNet)

Print Friendly, PDF & Email
Tags
Show More

depoknet

Kereta Keadilan itu tidak akan diam di sudut peron ketamakan dan keangkuhan, ia akan terus bergerak menjemput para pencarinya di tiap stasiun kesabaran dan keteguhan. Pembaharuan selalu hadir dengan pemberitaan, sabar merangkai berita, teguh mengungkap fakta. Semuanya ada disini, depoknet.com. “Update Berita Dengan Fakta”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close