Depok & SekitarnyaWorld

Damkar Gelar Apel PasukanSatlakar se Kota Depok


DEPOKNET– Berseragam hitam-hitam dengan strip merah dan topi merah, 600 lebih relawan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Depok berkumpul di Balaikota Depok,Selasa (18/12/2018)

Relawan yang tergabung dalam Satuan Relawan Kebakaran (Satlakar) se kota Depok inimenggelar Apel Pasukan dengan dipimpin oleh Pembina Upacara Walikota Depok,Mohammad Idris.

KepalaDinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Depok, R. Gandara Budiana dalamlaporannya mengatakan, tujuan dibentuknya Satlakar tak lain untuk membantu menangani musibah kebakaran sejak dini. Karena sambungnya, ada tiga pilar penting dalam pencegahan kebakaran yakni masyarakat, Satlakar dan Damkar sendiri.

Selainitu, Satlakar juga sangat dibutuhkan untuk mencapai target respons time atauwaktu tanggap penanggulan kebakaran yang telah ditetapkan, dimana Waktu Tanggap atau lebih dikenal dengan Respons time adalah total waktu yang dihitung dari saat berita kebakaran diterima, pengiriman pasukan dan sarana pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran sampai dengan kondisi siap untuk melaksanakan operasi pemadaman atau biasa ditandai dengan keluarnya air/penyemprotan air pertama[c1] .

“Untuk tahun 2018 saja sudah lebih dari 200 musibah kebakaran terjadi di kota Depok,maka peran Satlakar sangat diharapkan dapat menunjang tujuan yang diharapkan tersebut,” pungkas Gandara Budiana.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan pada bidang Pencegahan dan Penyuluhan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Depok, Udara Kodratulloh menyebut, unit Satlakar ini sudah terbentuk di 63 Kelurahan dan 6 Pasar Tradisional yang ada di kota Depok.

“Sejak Desember 2015 sudah terbentuk unit Satlakar di 63 kelurahan dan 6 pasar tradisional di kota Depok, untuk jumlah personil Satlakar saat ini ada sekitar 1200 relawan,” kata Udara.

WalikotaDepok sendiri dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat bangga sertamemberikan motivasi dan semangat kepada seluruh personil Satlakar yang mengikuti Apel Pasukan dengan mengajak meneriakan yel-yel energik secara spontan.

MohammadIdris juga menegaskan akan meningkatkan kesejahteraan para anggota Satlakar denganmemberikan tambahan insentif tiap bulannya kepada mereka. (AM/CPB/DepokNet)


 [c1]

125 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Print Friendly, PDF & Email
Show More

depoknet

Kereta Keadilan itu tidak akan diam di sudut peron ketamakan dan keangkuhan, ia akan terus bergerak menjemput para pencarinya di tiap stasiun kesabaran dan keteguhan. Pembaharuan selalu hadir dengan pemberitaan, sabar merangkai berita, teguh mengungkap fakta. Semuanya ada disini, depoknet.com. “Update Berita Dengan Fakta”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Show Buttons
Hide Buttons
Close