Khazanah

Marhaban Ya Ramadhan

DepokNet – Dari shahabat Abu Hurairah r.a berkata, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda: -ketika datang Ramadhan- “sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, kalian diwajibkan berpuasa, pada saat itu dibuka pintu-pintu Syurga dan ditutup pintu-pintu neraka al-Jahim serta syetan-syetan dibelenggu, pada bulan itu terdapat suatu malam (yang nilainya) lebih baik dari seribu bulan (83 tahun), sungguh merugi orang yang tidak memperoleh kebaikan bulan itu” (H.R. Ahmad, Nasa’i dan Baihaqi).

KH.Dr. Mohammad Idris

Ramadhan ibarat tamu agung yang akan membawa berbagai hadiah dan ‘bawaan’ menarik bagi para penerima tamu agung ini. Hadiah dan ‘bawaan’ menarik tersebut adalah kebaikan-kebaikan duniawi dan ukhrowi yang diberikan kepada orang-orang beriman dan menjalankan ibadah Ramadhan dengan ketulusan dan sesuai tuntunan baginda Nabi Muhammad saw.

Diantara kebaikan tersebut ada yang dijelaskan secara eksplisit dalam hadits ini, ada pula yang disebut secara implisit, misalnya :

Dibukanya pintu-pintu Syurga di bulan Ramadhan pertanda besarnya motivasi orang-orang beriman untuk taat kepada Allah sebagai kunci masuk Syurga, secara implisit menjelaskan bahwa peluang-peluang kebaikan Allah SWT sediakan pada bulan penuh berkah ini.

Ditutupnya pintu neraka, juga memberikan makna yang dalam terhadap komitmen setiap orang beriman untuk mengendalikan dirinya agar tidak salah jalan dan tidak sesat masuk ke gerbang neraka.

Dibelenggunya syetan-syetan memberikan arti melemahnya dorongan berbuat maksiat dan berperilaku menyimpang dari jalan Allah, secara implisit juga menjelaskan bahwa Ramadhan bagi setiap muslim merupakan peluang memperkecil ruang gerak keburukan dan penyimpangan sikap perilaku untuk memperbaiki diri menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa kepada Allah swt.

Diantara nilai kebaikan bulan Ramadhan juga anjuran mencari malam yang nilainya belum tentu sepanjang usia kita, “Lailatul Qodar” di malam-malam ganjil pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Karenanya, kesempatan pertemuan kita dengan Ramadhan tahun ini, jangan disia-siakan untuk memperoleh kebaikan-kebaikan Ramadhan tahun ini, karena mungkin Ramadhan kali ini adalah Ramadhan terakhir bagi kita. (mohammad idris)

Print Friendly, PDF & Email
Tags
Show More

depoknet

Kereta Keadilan itu tidak akan diam di sudut peron ketamakan dan keangkuhan, ia akan terus bergerak menjemput para pencarinya di tiap stasiun kesabaran dan keteguhan. Pembaharuan selalu hadir dengan pemberitaan, sabar merangkai berita, teguh mengungkap fakta. Semuanya ada disini, depoknet.com. “Update Berita Dengan Fakta”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close